18 October 2019

Hiasan dinding memiliki makna yang penting bagi setiap rumah. Fungsi dari hiasan dinding adalah untuk mempercantik ruangan rumah. Namun, tidak sedikit pula orang-orang yang kesulitan dalam memilih hiasan dinding ruang tamu minimalis, terlebih lagi untuk rumah minimalis modern. Maka dari itu, ada baiknya untuk Anda membaca ulasan berikut ini agar tidak salah pilih hiasan dinding.

 

Perhatikan Luas atau Bidang Dinding yang Kosong

Sebagai langkah awal untuk memilih dan memasang hiasan dinding ruang tamu minimalis adalah mengukur luas bidang dinding. Anda dapat mengukur berapa luas dinding rumah, lalu perkirakanlah seberapa luas dinding yang akan dipasangi hiasan nantinya. Untuk itu, Anda perlu mengukurnya dengan mendetail.

Sebaiknya, jangan menempatkan lukisan yang menutupi seluruh luas ukuran dinding. Atau jangan sampai lukisan terlalu kecil sehingga tidak proporsional. Usahakan ruang kosong dapat terisi dan semakin terlihat harmonis.

Memilih Karya Seni

Secara umum, kebanyakan masyarakat memilih benda bernilai seni untuk hiasan dinding ruang tamu minimalis. Di sini, Anda harus jeli dalam menentukan benda seni. Misalnya seperti lukisan atau kreasi lainnya. Ingat, karya seni tidak harus mahal, namun dapat menciptakan keserasian pada ruang tamu Anda. Apabila Anda ingin memasang lukisan atau karya seni yang bernilai mahal, sebaiknya perhatikan pula mengenai perawatannya.

Karya seni juga bisa berupa bentuk lainnya, seperti rak dinding dari kayu dengan desain unik. Selain untuk mempercantik ruang tamu, di sisi lain rak tempel dari kayu juga memiliki manfaat dari segi fungsionalnya. Misalnya untuk meletakkan buku favorit, action figure, atau berbagai ragam foto menarik. Cara lainnya Anda bisa memilih lukisan dengan teknik splash untuk menghasilkan kesan lebih elegan.

Pilihlah Sesuai Kepribadian

Desain rumah Anda juga menggambarkan kepribadian dari pemiliknya. Pepatah tersebut nampaknya ada benarnya. Dengan memilih sesuai kepribadian, maka akan memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda dan keluarga. Begitu juga dengan orang yang baru pertama kali berkunjung ke rumah Anda, pasti akan semakin berkesan.

Untuk hal ini, Anda bisa memilih hiasan yang sesuai dengan kegemaran maupun benda favorit. Sebagai contohnya, bila Anda pencinta otomotif, bisa dengan menambahkan ornamen hiasan dinding bergambar mobil-mobil kuno. Atau menambahkan hiasan dinding seperti miniatur kendaraan bermotor atau pesawat. Hiasan dinding bergaya vintage juga cocok untuk Anda yang hobi sebagai kolektor.

Desain yang Harmonis dan Serasi

Tidak hanya memperhatikan kepribadian, memilih hiasan dinding ruang tamu minimalis juga perlu disesuaikan. Tujuannya agar harmonisasi desain dapat bekerja dengan baik. Selain itu juga agar semakin nyaman saat dipandang. Sebab, bila Anda salah dalam memilih dan memadupadankan desain, maka akan terlihat aneh.

Misalnya saja jika rumah minimalis Anda modern dan ingin menonjolkan kesan klasik, maka bisa memilih benda-benda bernuansa etnik dan bergaya antik. Atau juga bisa memasang hiasan dinding handmade. Gaya abstrak pun layak untuk Anda pertimbangkan bagi rumah minimalis.

Pasang Benda Unik

Hiasan dinding ruang tamu minimalis tidak hanya karya seni saja. Anda juga bisa memasang benda-benda unik di dinding tersebut. Tujuan memberikan benda unik di dinding ini adalah untuk memberikan kejutan kepada tamu yang datang. Mendapatkan benda-benda unik ini sangat mudah, Anda bisa membelinya di toko furnitur maupun secara online.

Benda unik ini bisa berupa cermin dengan desain unik. Bila Anda ingin memasang lukisan, maka sebaiknya pilih bingkai lukisan yang beda dari yang lain. Contohnya saja Anda bisa menempelkan pecahan kaca, rumah kerang, maupun ornamen tradisional lainnya. Pilihlah sesuai selera Anda dan usahakan jangan terlalu ramai.

 

Setidaknya, di atas adalah beberapa cara untuk memasang hiasan dinding ruang tamu minimalis. Jadi, setelah membaca ulasan di atas Anda jangan sampai salah dalam menata ruang tamu. Semoga bermanfaat!