Nita

Heni

Tanto

Puput

21 November 2019

Mendesain interior rumah sendiri tentu akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa menerapkan desain, tata letak, dan pola interior sesuai dengan selera pribadi. Anda juga bisa bereksperimen dengan beberapa penataan interior unik dan memilih perpaduan warna yang unik sesuai dengan karakter individu. Tidak ada yang melarang dan tidak ada yang menyalahkan. Jika Anda sudah siap mendesain, simak cara mendesain interior rumah sendiri berikut ini!

 

Konsep Desain

Konsep desain merupakan hal penting dalam cara mendesain interior rumah sendiri. Karena Anda akan melakukan desain interior sendiri, maka Anda bisa menentukan konsep desain yang diinginkan. Beberapa konsep desain menarik bisa Anda dapatkan di situs website, majalah interior, dan sumber lainnya.

Tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda berkreasi sendiri menciptakan konsep desain interior rumah idaman. Konsep desain yang dibuat sendiri bisa menunjukkan karakter dan kepribadian pemilik rumah. Anda bisa bermain-main dengan warna dan penataan furniture yang membuat nyaman penghuninya. Konsep desain yang dibuat sendiri akan menghasilkan interior rumah yang nyaman dan menyenangkan.

Tata Letak

Dalam konsep desain yang Anda buat, perhatikan bagaimana tata letak perabot di dalam rumah. Penataan perabot dalam rumah akan menyeimbangkan area positif dan negatif. Jika Anda menginginkan desain interior yang nyaman, buatlah tata letak yang nyaman dan merata di seluruh bagian ruangan rumah. Jangan menumpuk banyak furniture di salah satu ruangan karena hal tersebut akan membuat ruang sempit dan sesak.

Sebaliknya, Anda bisa membuat tata letak dengan membuat daftar barang yang dimiliki. Cara mendesain interior rumah sendiri bisa dimulai dengan membuat denah rumah dan daftar barang yang ada. Kemudian, Anda bisa merancang tata letak barang di ruang-ruang rumah yang ada. Buat tata letak senyaman dan semenyenangkan untuk diri sendiri.

Teori Warna

Pemilihan warna menjadi hal penting selanjutnya dalam cara mendesain interior rumah sendiri. Karena ini merupakan rumah dan ruangan milik pribadi, maka Anda bisa menerapkan warna-warna yang disukai sesuai karakter pribadi. Namun, bisa juga Anda melihat beberapa rekomendasi pemilihan warna untuk sebuah rumah yang nyaman.

Untuk warna rumah yang long lasting dan bisa cocok dipadukan untuk semua warna. Anda bisa memilih warna netral dan hangat seperti abu-abu, krem, dan beige. Warna-warna ini cocok untuk setiap musim dan bisa dipadukan perabot apapun. Bisa juga memasang wallpaper dinding di beberapa bagian rumah supaya terlihat lebih segar dan santai.

Pajang Koleksi Pribadi

Cara mendesain interior rumah sendiri bisa dilakukan dengan menempatkan koleksi pribadi di beberapa sudut maupun ruangan rumah. Anda bisa memajang koleksi-koleksi pribadi seperti lukisan, perangko, buku, patung, dan lainnya. Koleksi pribadi ini akan menghemat pengeluaran untuk mendesain rumah. Tidak perlu beli furniture maupun perabot baru jika Anda sudah memiliki koleksi pribadi yang siap mempercantik desain interior rumah Anda.

Proyek DIY

Jika Anda masih memiliki beberapa space di dalam rumah yang kosong, maka hal tersebut bisa digunakan untuk proyek do-it-yourself (DIY). Proyek DIY ini bisa dimanfaatkan untuk mengubah interior ruangan dan menambahkan sesuatu yang baru dan segar. Buka website ataupun situs yang banyak memberikan ide DIY. Saat Anda sudah menemukan yang sekiranya cocok dengan desain interior yang diinginkan, praktikkan langkah pembuatannya.

 

Cara mendesain interior rumah sendiri sangatlah mudah. Anda bisa bebas menerapkan konsep desain dan warna-warna yang diinginkan. Selain itu, di zaman yang serba praktis seperti saat ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan cat untuk memberi warna dinding rumah. Cukup pasang wallpaper dari Wallpaper Indonesia yang memiliki beragam model dan warna. Pilih wallpaper yang sesuai dengan desain Anda dan jadikan rumah lebih indah!

ARTIKEL LAINNYA

Mencari Gambar Stiker Dinding Kamar Tidur

Rekomendasi Model Rak Bunga Minimalis

Mencari Gambar Dinding Cafe Keren

Daftar Harga Karpet Lantai Ruang Tamu

6 Macam Pola Lantai agar Rumah Tampak Lebih Menarik

Pilihan Daftar Harga Lantai Vinyl Favorit

Yuk Cari Tahu Macam Karpet Lantai dan Harganya Berikut Ini

Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur agar Kelihatan Lebih Luas

4 Cara Pasang Lantai Vinyl yang Mudah Dilakukan

Harga Wallpaper Dinding Kamar Anak Perempuan

Harga Wallpaper Dinding Per Meter di Indonesia

Ingin Pasang Wallpaper? Simak Harga Wallpaper Dinding 3d Ruang Tamu Ini

Daftar Harga Wallpaper Dinding Doraemon di Pasaran

Lem Untuk Wallper Dinding

Buat Ruang Tamu Minimalis Lebih Lega dengan 5 Desain Backdrop Ini

5 Motif Wallpaper untuk Bentuk Ruang Tamu Minimalis

5 Desain Bufet yang Cocok untuk Ruang Tamu Minimalis

Panduan Cara Memasang Wallpaper Dinding Dapur

Begini Cara Tepat Penataan Perabot Ruang Tamu Minimalis

7 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Agar Terlihat Trendi

6 Ide Pernak-Pernik Ruang Tamu Minimalis untuk Dekorasi Menarik

5 Inspirasi Perpaduan Warna Ruang Tamu Minimalis Terbaik

Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cara Mendesain Interior Rumah Sendiri

Ini Dia Cara Memasang Wallpaper Kamar Mandi yang Benar

8 Ide Bangku Ruang Tamu Minimalis yang Instagrammable

Pengertian dan Keunggulan dari SPC Flooring

Inilah Perbedaan Vinyl Flooring Dan SPC Flooring

Menambah Estetika Ruangan dengan Roller Blind Jendela

11 Motif Wallpaper Dinding Paling Cocok untuk Kamar Anak

Langkah-Langkah Memasang Wallpaper Sendiri untuk Anda

Tips Memilih Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis Modern

Panduan Menciptakan Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Ketahui 5 Cara Menata Ruang Tamu Minimalis yang Tepat

Inspirasi Desain Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis

Yuk, Intip Contoh Meja Ruang Tamu Minimalis untuk Interior Rumah Anda!

Cara Memasang Wallpaper Dinding Dengan Mudah

Mengenal Apa Itu Vinyl Lantai

8 Motif Wallpaper untuk Ruang Tamu Sempit agar Terlihat Lebih Luas

Tips Dekorasi Dinding Ruangan dengan Wallpaper

Perbandingan Harga Wallpaper dan Cat Dinding