18 October 2019

Siapa bilang Anda tidak bisa memiliki ruang tamu mungil yang stylish dan fungsional? Menciptakan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana bukan hal yang sulit dilakukan. Namun demikian, keterbatasan ukuran luas ruangan sering kali membuat Anda harus pandai-pandai memilih ukuran furnitur, menentukan warna cat dinding, maupun menambahkan wall art dengan motif yang tepat untuk menciptakan kesan ruang tamu yang lebih luas. Untuk memudahkan Anda mendapatkan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana, yuk simak panduannya berikut ini.

 

Warna Cat Dinding Cerah untuk Ruang Tamu

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mewujudkan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana, yaitu dengan memilih warna cat dinding yang cerah. Warna putih, cream, soft yellow, maupun hijau muda sangat pas diaplikasikan agar ruang tamu Anda terlihat lebih lapang. Sebaliknya, warna-warna gelap pada cat dinding wajib dihindari karena dapat memberi ilusi ruang tamu yang lebih sempit. Anda juga bisa memilih furnitur dengan warna-warna senada untuk tampilan ruang yang cantik dan eye-catching.

Tambahkan Wall Art

Untuk mengalihkan perhatian dari ruang tamu yang minimalis, Anda bisa mengalihkan perhatian ke arah vertikal dengan menambahkan wall art. Sebagai solusi alternatifnya, Anda juga bisa mengaplikasikan wallpaper dengan motif yang sesuai dengan karakter pemilik rumah. Perlu diingat, sebaiknya hindari memilih motif wallpaper yang terlalu ramai karena justru akan membuat ruang tamu terlihat lebih sempit. Wallpaper dengan motif bunga-bunga yang diatur mendatar dengan penataan yang tidak terlalu rapat bisa mempengaruhi ilusi ruang yang lebih luas.

Pilih Furnitur yang Multifungsi

Tentu saja, terlalu banyak menempatkan furnitur di ruang tamu akan memberikan kesan ruang yang berantakan dan sempit. Menyiasati hal ini, Anda bisa memilih furnitur multifungsi yang dapat disimpan ke dalam lemari. Misalnya, menambahkan rak dinding di sudut ruangan atau kabinet yang diatur menjorok ke dalam lemari. Alih-alih menggunakan sofa berukuran besar, sofa bed bisa menjadi pilihan tempat yang bisa dilipat dan dibuka sebagai tempat tidur ketika Anda ingin bersantai sambil menonton TV.

Mengatur Pencahayaan dengan Tepat

Dekorasi ruang tamu minimalis sederhana juga bisa Anda dapatkan dengan mengatur pencahayaan ruang dengan tepat. Jika Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran terbatas, pilih general lighting yang dapat mendistribusikan cahaya secara merata. Jenis pencahayaan ini dapat dipantulkan ke arah dinding dan plafon, sehingga ruang tamu terkesan lebih luas. Sebaiknya pilih lampu LED dengan intensitas cahaya sedang untuk menjaga suhu ruang tidak terlalu panas.

Pasang Model Jendela Bi-Fold

Model jendela yang digunakan ternyata juga berpengaruh terhadap dekorasi ruang tamu minimalis sederhana. Agar tercipta ukuran luas ruangan yang lebih lapang, disarankan agar Anda memasang model jendela minimalis dengan desain bi-fold atau dapat dilipat. Artinya, untuk membuka jendela Anda hanya perlu melipatnya ke arah tertentu, sehingga tidak memakan banyak ruang di ruang tamu. Lebih dari itu, model jendela bi-fold juga bisa dimanfaatkan sebagai sekat ruangan yang memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang makan.

 

Dengan memahami panduan menciptakan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana seperti yang sudah dijelaskan tadi, kini Anda bisa menyiasati keterbatasan luas ruang tamu. Penataan ruang tamu yang rapi, bersih, dan luas juga akan membuat Anda dan tamu yang datang semakin nyaman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan dekorasi pada ruang tamu minimalis Anda dan dapatkan hasil terbaiknya. Selamat mencoba!