20 December 2019

Wallpaper dinding menjadi salah satu unsur penting untuk mempercantik tampilan ruangan di rumah. Tak terkecuali untuk pemasangan wallpaper untuk dapur. Namun, bagaimana cara memasang wallpaper dinding dapur ini? Berikut panduannya yang dapat Anda terapkan.

Utamakan Memilih Wallpaper dengan Fitur Anti-Minyak

Karena dapur adalah tempat yang sering terdapat minyak untuk memasak atau hal lainnya, maka penting bagi Anda untuk memilih wallpaper dinding dapur dengan bahan anti-minyak. Tujuannya adalah, agar lapisan tersebut dapat melindungi warna maupun motif wallpaper agar tidak cepat rusak. Selain itu, lapisan dapat terlindungi meskipun terkena minyak maupun noda lainnya.

Sesuaikan dengan Tema Dapur

Meskipun dapur digunakan untuk memasak, namun bukan berarti Anda tidak menentukan tema ruangan. Sebelum memilih wallpaper, Anda bisa menentukan tema secara matang. Kemudian, kesannya dapat menggunakan warna-warna tegas. Untuk perabotannya, maka Anda bisa menyesuaikannya dengan warna lembut agar memberikan kesan seimbang.

Tentukan Titik Fokus Agar Menarik

Ketika Anda memasang wallpaper dinding dapur rumah Anda, maka jangan lupakan untuk menentukan titik fokus yang ada. Meski daput tidaklah sama dengan ruangan lainnya, seperti ruang tamu namun tetap harus memiliki titik fokus agar terlihat menarik. Anda bisa memasang wallpaper pada sisi dinding, kemudian membiarkan ketiga sisi lainnya diwarnai dengan menggunakan cat. Tujuannya, agar keberadaan wallpaper nampak menonjol. Di sini, penting juga bagi Anda memilih warna yang telihat harmonis meskipun tidak harus sama dengan warna yang ada pada dinding.

Pasanglah Pada Belakang Bagian Rak Piring

Mungkin Anda sedikit kebingungan mengenai peletakan dalam cara memasang wallpaper dinding dapur. Salah satu titik yang tepat antara lain adalah pada bagian belakang rak piring. Hal ini dikarenakan rak piring termasuk perabotan yang sangat penting di dalam dapur. Maka dari itu, usahakan tampilannya sebagus mungkin. Sebelum memasangnya, Anda terlebih dahulu harus memastikan ukuran dinding di bagian belakang rak tersebut sudah benar-benar sesuai seperti yang diinginkan.

Gunakan Sebagai Pembatas Meja

Tidak hanya sekadar dipasang bada bagian belakang rak piring saja, wallpaper dinding dapur juga bisa dipasang sebagai aksen dalam pembatas meja. Anda bisa menguatkan karakter pada bagian meja dapur dengan warna-warna yang tepat. Misalnya saja dengan memilih warna biru tua. Kemudian, untuk motifnya bisa menggunakan motif taman atau bunga-bungaan agar memberikan kesan menyegarkan.

Agar tidak monoton, Anda pun bisa menyebimbangkan warna buru tua tadi dengan warna-warna kalem seperti putih. Terutama pada bagian perabotan di dapur. Contohnya warna pada bagian rak gelas maupun lemari perabotan lainnya. Atau Anda bisa menambahkan lukisan bertema natural lainnya.

Sesuaikan Warna dengan Motif pada Perabotan

Sebagai langkah terakhir panduan cara memasang wallpaper dinding dapur adalah dengan menyesuaikan warna yang ada dengan motif pada perabotan. Anda bisa menyeleraskannya dengan warna-warna yang sepadan. Contohnya saja jika Anda lebih menyukai paduan warna putih dan warna emas, maka bisa menggunakan wallpaper untuk dinding dapur dengan warna abu-abu maupun putih. Atau Anda juga bisa menyelaraskan warna dengan motidf lampu gantung yang ada di dapur semisalnya. Sehingga, dapur Anda pun akan nampak semakin cantik dan tema yang ditonjolkan jugua semakin kuat.

 

Jadi, cukup mudah bukan cara memasang wallpaper dinding dapur rumah Anda? Ingat, Anda bisa melakukan pemasangan sendiri dengan tepat. Namun, jika dirasa kurang yakin bisa dengan menggunakan jasa pemasangan wallpaper dari para ahlinya agar pemasangan berjalan dengan baik dan hasilnya pun memuaskan. Selamat mencoba!