22 October 2019

Memilih desain interior yang tepat untuk rumah Anda bukanlah pekerjaan yang mudah. Mengapa tidak mudah? Karena banyak aspek yang harus dipenuhi, dari segi fungsionalitas ruangan, furnitur yang ada di dalamnya, hingga pemilihan kombinasi warna yang tepat. Secara garis besar, juga perlu warna yang sepadan agar bisa enak dipandang dan nyaman untuk ditempati.

Berbicara mengenai desain interior, ada satu bagian dari interior yang jarang dijadikan fokus utama karena kebanyakan orang terlalu banyak ingin fokus di bagian furnitur saja yaitu dinding ruangan. Dinding ruangan yang tentunya pasti ada di dalam masing-masing ruangan sebenarnya sangat bisa untuk dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak terkesan monoton saja.

Kebanyakan, orang lebih memilih untuk memakai cat sebagai pelapis dinding ruangan. Sayangnya, itu sudah terhitung ketinggalan zaman. Saat ini sudah ada wallpaper yang bisa dipasang di dinding ruangan. Wallpaper pun juga tidak memberikan kesan monoton layaknya cat karena ada berbagai macam desain, motif, dan pola yang ditawarkan. Tidak dapat dipungkiri, permainan motif di dalam wallpaper membuat dinding ruangan Anda menjadi lebih cerah dan artistik.

Hebatnya lagi, Anda tidak perlu menyewa jasa profesional untuk memasang wallpaper. Sebenarnya, Anda juga bisa memasang wallpaper sendirian asal mengikuti langkah-langkah yang ada dengan tepat. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk memasang wallpaper di dinding ruangan sendirian. Begitu juga dengan cara pemasangan dan trik-trik yang sangat membantuk di saat memasang wallpaper.

 

Menyiapkan Peralatan Lengkap

Langkah pertama dalam memasang wallpaper sendiri adalah menyiapkan peralatan lengkap. Untuk peralatan yang harus Anda persiapkan, bisa dibilang cukup banyak, tapi mudah ditemukan di pasaran seperti tangga, cutter, pensil, penggaris, benang dengan pemberat, alas plastik, dan meteran.

Selain itu ada pula lem wallpaper, spons, kuas lem, dua bak untuk adukan lem, amplas, roller, dan kape yang berguna untuk menempelkan dan meratakan wallpaper yang telah dipasang di dinding ruangan. Sebaiknya Anda memiliki seluruh peralatan di atas agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Lakukan Pencampuran Lem

Langkah kedua dalam memasang wallpaper sendiri adalah melakukan pencampuran lem. Tidak dapat dipungkiri, lem adalah bagian yang sangat penting di dalam pemasangan wallpaper. Tanpa lem yang baik, tentu saja wallpaper tidak akan menempel dengan tepat di dinding ruangan.

Cara mencampur lem wallpaper adalah, campurkan lem dengan air. Ada dua lem yang harus Anda siapkan. Pertama, lem untuk sambungan wallpaper, dan kedua untuk menempelkan wallpaper ke dinding. Lem yang digunakan pun juga jangan cair, tetapi harus yang lebih kental. Semakin kental, maka daya rekat ke dinding akan menjadi lebih kuat. Dari dua lem di atas, memang wajib dipisahkan di dua bak yang berbeda.

Mengukur Luas Bidang

Setelah Anda selesai menyiapkan lem, langkah selanjutnya adalah mengukur luas bidang dinding ruangan. Caranya dengan mengukur panjang dan lebar yang nantinya akan dilapisi oleh wallpaper. Untuk bisa mendapatkan yang tepat, sebaiknya lebihkan pengukuran sekitar 1 hingga 1,5 cm di bagian sambungan. Jika sudah, segera potong wallpaper seperti panel-panel. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Mulai Tempelkan Wallpaper

Langkah terakhir di dalam memasang wallpaper sendiri adalah mulai menempelkan wallpaper. Caranya adalah dengan menandai posisi wallpaper dengan pensil. Lebih bagi lagi gunakan benang dengan alat pemberat agar bisa lurus dan rapi.

Jika sudah diberikan tanda, Anda bisa menempelkan lem di dinding dengan roller. Lalu tempelkan wallpaper secara perlahan dan hati-hati. Jangan sampai kelewatan, karena sudah ada tanda garis yang dibuat sebelumnya menggunakan pensil. Jika ada bagian sambungan, pakai lem yang lebih kental.

Jika sudah menempel, ratakan wallpaper dengan penggaris akrilik. Kalau ada sisa wallpaper yang tidak mampu terpasang di dinding karena sudah penuh, potong saja dengan cutter.

 

Itulah cara-cara memasang wallpaper sendiri untuk Anda. Wallpaper Indonesia juga menyediakan berbagai macam desain wallpaper dengan harga bersaing yang bisa Anda pakai juga. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.