18 October 2019

Ruang tamu menjadi ruangan pertama yang Anda singgahi saat masuk ke rumah. Jadi, sudah seharusnya jika Anda mendekorasi ruang tamu sebaik mungkin. Apalagi ruang tamu berfungsi sebagai area untuk menerima tamu, tentu Anda ingin agar tamu bisa merasa nyaman, bukan? Namun, akan menjadi tantangan tersendiri jika ruang tamu memiliki luas yang terbatas. Tenang saja, ada sejumlah cara menata ruang tamu minimalis secara tepat tanpa mengabaikan estetika. Berikut beberapa di antaranya.

 

Maksimalkan Pencahayaan

Salah satu kunci penting agar ruangan yang terbatas bisa terlihat lebih luas adalah pencahayaan maksimal. Dalam hal ini, pencahayaan yang dimaksud bukan berasal dari lampu, melainkan cahaya matahari. Artinya, jika memungkinkan, pasang jendela cukup besar di ruang tamu Anda.

Jadi, selama pagi hingga sore hari, Anda tidak perlu menyalakan lampu sehingga bisa membantu menghemat penggunaan listrik pula. Lalu, untuk lampunya sendiri, sebaiknya pilih lampu dengan cahaya berwarna putih untuk “menghidupkan” ruang tamu di rumah Anda.

Gunakan Warna-Warna Lembut pada Dinding

Cara menata ruang tamu minimalis juga tidak terlepas dari warna yang digunakan. Agar ruang tamu minimalis terlihat lebih “lega”, sebaiknya gunakan cat dinding berwarna putih. Apabila ingin menambahkan warna lain, Anda bisa melakukannya melalui furnitur. Misalnya, Anda ingin mengaplikasikan tema monokrom. Nah, dengan dinding berwarna putih, letakkan sofa abu-abu dan meja hitam pada ruang tamu untuk memperkuat efek monokrom tersebut.

Namun, jika Anda kurang suka menggunakan cat dinding berwarna putih, usahakan untuk tetap menggunakan warna yang lembut atau pastel. Beberapa contohnya seperti cream, kuning muda, dan peach.

Pasang Cermin untuk Kesan Lebih Luas

Pernah mendatangi restoran atau kafe yang memasang cermin di dalam ruangan? Mereka melakukan hal ini bukannya tanpa alasan. Pemasangan cermin memang bisa membantu menciptakan kesan lebih luas pada suatu ruangan, termasuk ruang tamu Anda. Itulah kenapa Anda disarankan memasang cermin sebagai cara menata ruang tamu minimalis. Apabila memungkinkan, pasang cermin yang berhadapan langsung dengan jendela agar bisa ikut merefleksikan cahaya matahari.

Sebaiknya Tidak Pakai Sofa Terlalu Besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ruang tamu berfungsi untuk menerima tamu yang datang ke rumah. Jadi, sudah seharusnya Anda meletakkan sofa yang nyaman di ruang tamu. Perlu diingat bahwa sofa yang nyaman tidak harus selalu besar, apalagi luas ruang tamu Anda cenderung terbatas.

Apabila Anda menggunakan sofa berukuran besar, ruang tamu pasti akan terkesan penuh dan sempit. Sebaiknya pilih sofa yang terdiri dari dua sampai tiga dudukan saja. Lalu, padukan dengan coffee table kecil berwarna senada, bisa yang terbuat dari kaca maupun kayu.

Jika Memungkinkan, Pasang Furnitur Built-In

Untuk menyimpan barang atau pernak-pernik, biasanya ada orang yang meletakkan rak di ruang tamu. Mengingat ruang tamu tidak terlalu luas, akan lebih baik jika Anda memasang furnitur built-in yang bersifat customized sehingga bentuknya bisa benar-benar disesuaikan dengan ruang tamu Anda. Pada awalnya mungkin membutuhkan modal cukup besar, tetapi ini bisa menjadi investasi sekaligus cara menata ruang tamu minimalis yang multifungsi.

 

Kini, tak perlu lagi bingung jika Anda memiliki ruang tamu dengan luas terbatas. Berbekal cara-cara menata ruang tamu minimalis di atas, Anda pun bisa mendapatkan ruang tamu yang tidak hanya cantik, tapi juga fungsional. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen dengan ruang tamu Anda!