21 November 2019

Kamar mandi menjadi bagian unik dari rumah untuk bisa dipasang wallpaper. Biasanya, bagian ini jarang untuk dipasang wallpaper karena takut basah atau cepat rusak karena air. Padahal, jika Anda mengetahui tips dan trik cara memasang wallpaper kamar mandi yang benar, hal tersebut tidak akan menimbulkan kerusakan. Sebaliknya, dinding kamar mandi Anda menjadi lebih indah dan menarik. Jika Anda berniat untuk memasang wallpaper, mari simak cara memasang wallpaper kamar mandi berikut ini!

 

Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memasang wallpaper kamar mandi adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat dan bahan yang akan Anda butuhkan adalah: wallpaper, alas plastik, cutter, tangga, alat tulis, meteran, lem wallpaper, benang dengan pemberat, ember untuk adukan lem, kuas lem, spons, roller, amplas, dan kape untuk meratakan dinding.

Pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan ini sebelum mulai pengerjaan pemasangan wallpaper dinding kamar mandi. Saat Anda sudah memiliki semua alat dan bahan, pengerjaan cara memasang wallpaper kamar mandi akan semakin mudah.

Mencari Permukaan Dinding yang Rata

Hal kedua dalam cara memasang wallpaper kamar mandi adalah mencari permukaan yang rata. Ini adalah syarat pemasangan wallpaper agar bertahan lama tidak mudah rusak. Pastikan dinding kamar mandi yang akan dipasang wallpaper bersih dari wallpaper yang sebelumnya, rata, datar, tidak bergelombang, bersih dari debu, tidak ada noda minyak, dan tidak lembap. Jika pada dinding ada gantungan baju atau hal lain yang menghalangi pemasangan wallpaper, Anda bisa melepasnya untuk sementara.

Menentukan Titik Awal Penempelan Wallpaper

Hal ketiga, perhatikan titik awal penempelan wallpaper. Khusus untuk cara memasang wallpaper kamar mandi, pastikan Anda tidak mulai memasang di bagian dinding belakang toilet karena akan sangat sulit. Selain itu, jika pemasangan wallpaper dilakukan di bagian dinding belakang toilet, akan membutuhkan energi dan usaha yang cukup besar. Maka dari itu, hindari bagian ini dan cari sisi lain dari kamar mandi.

Berbeda dengan memasang wallpaper kamar tidur, memasang wallpaper untuk kamar mandi tidak bisa dilakukan hingga bagian paling bawah dinding yang berdekatan dengan lantai. Sebaiknya, Anda memasang wallpaper kamar mandi di bagian dinding yang lebih tinggi, beberapa meter dari permukaan lantai. Hal ini untuk menghindarkan wallpaper rusak karena terkena air. Tapi jika kamar mandi Anda tipe kering, maka wallpaper bisa dipasang di seluruh bagian dinding.

Mengukur Luas Area Dinding Kamar Mandi

Langkah keempat dari cara memasang wallpaper kamar mandi adalah mengukur luas area dinding kamar mandi. Tentukan terlebih dahulu berapa luas area dinding yang akan dipasang wallpaper. Catat di kertas hitungan yang sudah didapat. Selanjutnya, Anda harus mengukur dan memotong gulungan wallpaper yang sudah dibeli. Potong sesuai ukuran permukaan dinding dan ikuti pola gambar wallpaper. Jangan lupa juga untuk memberi tanda di area dinding tempat wallpaper akan dipasang supaya lebih memudahkan proses pengerjaan.

Menyiapkan dan Memasang Wallpaper

Selesai dengan pengukuran area dinding, Anda bisa masuk ke langkah kelima yaitu menyiapkan dan memasang wallpaper. Anda bisa memulainya dengan mengoleskan lem ke wallpaper yang akan ditempelkan. Pastikan seluruh bagian wallpaper sudah diolesi lem sehingga bisa merekat sempurna. Saat lem sudah cukup menutupi seluruh bagian wallpaper yang akan ditempel, perlahan-lahan rekatkan wallpaper ke dinding kamar mandi dengan hati-hati. Jangan sampai miring karena gulungan wallpaper kedua, ketiga, dan selanjutnya akan mengikuti jalur gulungan wallpaper pertama.

Selain memperhatikan arah dan jalur pemasangan wallpaper, Anda juga harus memastikan tidak ada lem yang mengering atau berlebihan di sisi sambungan wallpaper. Jika ada lem yang berlebihan dan mongering, Anda harus segera membersihkannya dengan spons yang dibasahi air secukupnya. Oleskan spons pada wallpaper untuk membersihkan.

 

Terakhir, jangan sampai Anda salah memilih jenis wallpaper. Di samping mengetahui cara memasang wallpaper kamar mandi, Anda juga harus mengetahui jenis wallpaper yang aman untuk kesehatan. Biasanya, wallpaper yang aman adalah yang tidak menghasilkan bau menyengat. Untuk mendapatkan wallpaper jenis ini, Anda bisa kunjungi website Wallpaper Indonesia. Selamat mencoba!