18 October 2019

Bosan dengan dinding rumah yang monoton dan tidak pernah berubah? Pasti Anda ingin mempercantik dan membuat variasi tersendiri tampilan dinding tersebut. Jika mengganti tampilan tersebut harus dengan mengganti catnya,  rasanya terlalu rumit dan berbiaya tinggi.

Anda bisa melakukannya dengan cara lain seperti memasang wallpaper dinding. Wallpaper dinding sendiri telah menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir, lho. Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemasangan wallpaper dinding ini ada beberapa hal yang perlu perhatian. Simak ulasannya di bawah ini.

Pilih Wallpaper Dinding yang Cocok

Mempercantik dinding ruangan rumah Anda dengan memasangkan wallpaper dinding tidak lah salah, sebelumnya Anda perlu memastikan bahwa wallpaper dinding yang telah Anda beli cocok dengan warna dan tema ruangan tersebut. Jika wallpaper yang dipilih telah cocok dengan suasana ruangan, maka tidak akan memberikan kesan baru yang lebih segar dan indah bagi ruangan rumah Anda dan keluarga.

Tentukan Titik Tempelnya

Setelah memilih wallpaper dinding yang cocok dan tepat, Anda juga harus menentukan titik yang tepat untuk pemasangan wallpaper tersebut. Dalam menentukan titik tersebut, Anda terlebih dahulu dapat mencoba menempelkan wallpaper-wallpaper tersebut setelah digunting. Namun, jangan langsung dibuka untuk ditempel ya!

Jika sudah menemukan titik yang dirasa cocok, Anda bisa mulai menyiapkan strategi urutan pemasangan wallpaper tersebut dengan baik.

Cek Kelembaban Dinding

Sebelum Anda memasang wallpaper dinding di sudut ruangan rumah yang Anda inginkan, hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah kondisi dari dinding itu sendiri. Meski memasang wallpaper dinding dapat dilakukan di mana saja, ada baiknya Anda memasangnya di dinding dengan kelembapan sedang. Sebab jika ada Anda memasangnya pada ruangan berdinding lembap dengan kadar air yang cukup tinggi membuatnya lebih mudah rusak dan tidak awet. Sayang sekali, kan?

Cek Kebersihan Dinding

Namun, jika kamu benar-benar menginginkan wallpaper dinding tersebut ada di ruangan itu, Anda bisa melapisinya terlebih dahulu dengan cat khusus anti lembap. Jangan lupa, pastikan bahwa dinding telah cukup bersih dari debu, kotoran dan lapisan cat. Kamu juga perlu memastikan bahwa dinding yang akan dipasangi wallpaper sudah berada dalam keadaan kering sepenuhnya, ya.

Cek Tekstur Permukaan Dinding

Tidak hanya kelembapan, tekstur permukaan dari dinding juga menjadi salah satu faktor penentu apakah wallpaper dinding Anda akan terpasang dengan baik atau tidak. Pastikan kalau dinding tersebut memiliki permukaan yang halus dan rata agar wallpaper dapat menempel dengan baik. Jika ia merekat secara sempurna pada dinding, maka wallpaper tersebut pun akan bertahan cukup lama di ruangan tersebut.

Lem Wallpaper secara Merata

Selain dari faktor yang ditentukan oleh dinding, proses pengeleman wallpaper dinding juga harus dipastikan dilakukan secara benar. Lem tersebut harus dioleskan secara merata pada setiap sisi dari wallpaper dinding yang akan dipasang. Lem yang dipasangkan secara merata akan memberikan hasil terbaik pada wallpaper tanpa gelembung dan akan tampak rapi. Wallpaper dinding pun akan mempercantik ruangan secara sempurna dan tidak mudah rusak.

Bersihkan Debu dengan Kemoceng

Jika wallpaper dinding ruangan Anda kotor, bersihkanlah dengan menggunakan kemoceng. Anda dapat menggunakan kemoceng berbentuk swiffer atau kain elektrostatik kering yang membuat debu lebih mudah terangkat. Saat membersihkan pun, Anda disarankan untuk melakukan gerakan memutar searah jarum jam. Hal ini dimaksudkan agar debu yang menempel pada wallpaper dinding Anda benar-benar hilang sempurna.

 

Jadi, itulah cara-cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memasang wallpaper dinding di ruangan kesayangan Anda dan keluarga. Semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa memperindah ruangan dengan memasang wallpaper dinding tanpa ragu, ya. Selamat mencoba!