20 December 2019

Memiliki ruang tamu minimalis terkadang membuat seseorang harus berpikir keras bagaimana cara menata perabotan agar nampak rapi dan menarik. Hal tersebut nampaknya memang tidak mudah. Akan tetapi ada beberapa langkah kecil namun memberikan dampak yang cukup besar saat Anda menata perabot ruang tamu minimalis di rumah Anda.

Perhatikan Penataan Sudutnya

Sebagai langkah awal dalam penataan perabot ruang tamu minimalis adalah dengan memperhatikan penataan pada sudutunya. Sebaiknya, buatlah sudut dengan menyisakan ruangan terbuka untuk sirkulasi. Dengan penataan sudut seperti ini, Anda juga memisahkan ruang tamu dengan area sirkulasi orang yang lalu lalang di sekitarnya.

Baca Juga : Ketahui 5 Cara Menata Ruang Tamu Minimalis yang Tepat

Buat Furnitur Tegak Lurus

Setelah Anda selesai dengan penataan sudut yang ada, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang perabot ruang tamu minimalis secara tegak lurus. Anda dapat memasangnya dengan cara tegak lurus dengan panjang ruangan. Sehingga area sirkulasinya menjadi lebih baik.

Langkahnya bisa dengan menempatkan dua buah kursi. Kemudian penambahan tanaman maupun lukisan di ujung ruangan. Ini akan membatasi panjang ruangan di rumah Anda dan tidak menimbulkan kesan terlalu panjang dan makin membosankan.

Tata Letak Miring

Selain menggunakan metode penataan perbot ruang tamu minimalis secara tegak lurus, Anda pun bisa menggunakan cara peletakan dengan sudut kemiringan tertentu. Penataan seperti ini baik langsung maupun tak langsung mampu membatasi panjang ruangan. Dengan demikian, tidak memunculkan kesan seperti sebuah lorong nan membosankan.

Misalnya saja dengan penempatan sofa berdasarkan kemiringan tertentu, ini akan membuat ruangan nampak lebih luas. Pada dasarnya, prinsip seperti ini pun akan membatasi area fungsional pada ruang tamu rumah Anda.

Gunakan Rak Tempel Multifungsi

Perabot ruang tamu minimalis memang harus serba praktis dan serbaguna. Salah satunya adalah penggunaan rak tempel pada ruang tamu. Anda bisa menggunakannya pada bagian atas dinding untuk pemaksimalan ruang lantai bagi furnitur. Anda bisa memilih rak tempel yang memiliki ukuran cukup tinggi dan mampu memanfaatkan sisa ruang di bawahnya.

Tidak hanya pada rak tempel saja, untuk mensiasati penataan perabot ruang tamu minimalis agar makin rapi adalah dengan memilih meja yang terdapat laci di dalamnya. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam membersihkan ruang tamu nantinya.

Memilih Meja yang Pas

Meja memang perabotan yang  harus ada dalam sebuah ruang tamu minimalis. Jika ruangan di rumah tidak terlalu luas, maka bisa memanfaatkan meja bulat. Akan tetapi bila Anda tidak memiliki meja bulat, maka alternatifnya bisa dengan memilih meja dengan bentuk persegi panjang.

Pemiliihan meja persegi panjang ini memang cocok karena tidak membutuhkan terlalu banyak ruang. Atau Anda bisa memilih bangku yang juga bisa berfungsi sebagai meja sekaligus. Selain multifungsi, bangku yang seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih leluasa karena tidak terlalu banyak perabotan yang digunakan.

Perhatikan Pencahayaan yang Ada dalam Ruangan

Terakhir, cara memasang perabot ruang tamu minimalis adalah dengan memperhatikan pencahayaan yang ada pada ruangan. Untuk ruang tamu minimalis, sebaiknya usahakan mendapatkan cahaya yang cukup. Ada banyak manfaat jika ruang tamu memiliki pencahayaan yang cukup. Di antaranya adalah lebih menghemat energi dan tidak menggunakan lampu secara berlebihan.

Kemudian, dengan adanya pencahayaan yang cukup juga membuat ruangan nampak lebih luas. Lalu, untuk pencahayaan lampu pada malam hari, sebaiknya gunakanlah lampu yang berwarna putih. Sebab, selain membuat suasana makin nyaman juga membuat tampilan ruang tamu nampak rapi.

 

Nah, itulah beberapa langkah mudah dalam menata perabot ruang tamu minimalis di rumah Anda. Jadi, Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas mulai dari sekarang. Libatkanlah keluarga dalam menata perabotan tersebut agar tercipta suasana yang hangat dan nyaman dalam rumah Anda.