25 July 2018

Tips memasang wallpaper sendiri

Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk memasang wallpaper dinding sendiri

Siapkan peralatan, seperti alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, 2 bak untuk adukan lem, spons, kuas lem, roller, amplas, dan kape untuk meratakan dinding.

Hal pertama, yakni masukkan lem pada bak yang sudah disediakan. Campur lem dengan air. Ada 2 lem yang perlu anda siapkan, yang pertama untuk sambungan wallpaper, yang kedua untuk menempelkan pada dinding. Lem yang digunakan untuk sambungan wallpaper haruslah lebih kental, hal ini agar daya rekatnya kuat. Letakkan kedua lem itu pada bak yang berbeda.

Ukur panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper. Lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan. Potong wallpaper seperti panel-panel, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Tandai posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi. Setelah ditandai, sapukan lem dengan roller pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper. Tempelkan wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan tanda garis yang telah anda buat sebelumnya. Pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.

Langkah terakhir yakni ratakan wallpaper yang terpasang dengan penggaris akrilik. Potonglah sisa wallpaper dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem.